Shockbreaker Anda Rusak ? Kenali Ciri-Cirinya Dengan Cara Ini !

Shockbreaker

Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan yang sangat vital peranya dalam hal kenyamanan dan keamanan. Fungsi dari shockbreaker sendiri ialah sebagai peredam kejut atau sebagai penahan guncangan ketika kendaraan kita melewati jalanan yang berlubang atau jalanan yang tidak rata. Dengan adanya Shockbreaker ini, tentu akan membuat kita merasa lebih nyaman ketika kendaraan kita melalui jalanan yang tidak rata tanpa khawatir terjadinya guncangan yang dapat mengocok perut dan tentunya hal ini sangat menjengkelkan.

Tetapi apa jadinya jika komponen Shockbreaker yang ada pada kendaraan kita mengalami kerusakan ? Tentu hal ini akan mengurangi kenyamanan dan keamanan kita selama berkendara, dan resikonya akan lebih fatal lagi jika kita tidak menyadari kerusakan yang terjadi pada komponen shockbreaker. Bukan hanya beresiko mengurangi kenyamanan, tetapi rusaknya shockbreaker juga akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang tidak dapat kita duga kedatanganya. Oleh karena itu, kita wajib mengetahui dan memahami komponen-komponen penting yang ada pada kendaraan kita terutama Shockbreaker,lalu apa sajakah ciri-ciri yang menunjukkan kerusakan pada komponen shockbreaker ? Dari beberapa referensi dan pengetahuan yang mas david dapatkan, berikut ini ciri-ciri khas yang menunjukan kerusakan pada shockbreaker :

1. Ketika mobil anda melewati jalanan yang berlubang atau tidak rata, maka guncangan yang terjadi di dalam kabin terasa lebih keras dari biasanya. Begitu juga ketika anda melewati polisi tidur, interior di dalam kabin mobil anda terasa sangat tidak nyaman, Pantulan yang terjadi terasa janggal dan terasa sangat kasar, bahkan pantulan suspensi yang kasar ini terkadang dapat menimbulkan suara berdecit atau suara bising yang berasal dari shockbreaker itu sendiri.

2. Ketika anda mengendarai mobil anda dalam kecepatan yang tinggi di jalanan yang mulus biasanya akan timbul sedikit ayunan lembut akibat jalanan yang sedikit bergelombang, tetapi bila shockbreaker anda rusak, maka tidak akan terasa mengayun bahkan jikapun terasa maka sensasi ayunan nya terasa kurang enak dan cenderung kasar, namun pengaruh travel suspensi juga berpengaruh disini hanya saja pengaruhnya tidak terlalu signifikan pada jalanan yang mulus.

3. Karena Shockbreaker kendaraan anda rusak, otomatis hal ini akan mempengaruhi sistem pengereman pada mobil anda. Hal ini terjadi karena sistem peredaman guncangan yang buruk sehingga mengakibatkan daya cengkram atau grip keempat roda menjadi lebih rendah dan otomatis ban tidak akan mencengkram aspal dengan sempurna sehingga pengereman pada ban nya menjadi lebih lambat. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu sebaiknya anda harus segera memeriksa shockbreaker anda bila mengalami gejala diatas.

4. Bila mulai merasakan gejala ketidaknyamanan diatas, segera perhatikan dan lihatlah secara teliti mengenai keadaan fisik dari shockbreaker anda. Bila shockbreaker anda bengkok atau komponen di dalamnya ada yang rusak maka bisa jadi shockbreaker anda mengalami kerusakan.

5. Kemudian ciri fisik lainya bisa anda lihat pada shockbreaker nya, bila terdapat oli yang merembes keluar dari komponen tabungnya maka bisa jadi shockbreaker anda mengalami kerusakan. Oli tersebut keluar karena terjadinya kerusakan pada bantalan yang mungkin telah rusak atau sobek sehingga oli tersebut dapat terciprat keluar dari shockbreakernya.

6. Body mobil menjadi lebih rendah bahkan untuk mobil yang berkapasitas 7 penumpang, bila diisi penuh maka body nya bisa amblas dan dapat memperparah kerusakan pada shockbreaker. Jadi shockbreaker yang mengalami kerusakan dapat menurunkan kekuatan mobil itu sendiri saat mengangkut beban, kondisi ini bisa kita amati pada body nya yang terlihat lebih ceper bila diisi muatan penuh. Oleh karena itu bila anda mengalami kejadian seperti ini, maka segeralah periksa shockbreaker anda karena bisa jadi komponen itu mengalami kerusakan.

Lalu jika kita mengalami semua gejala diatas dan ternyata memang benar shockbreaker kita mengalami kerusakan, Maka apa yang harus kita lakukan selanjutnya ? Tidak ada jalan lain selain mengganti shockbreaker lama anda dengan  shockbreaker yang baru ! Anda bisa mendapatkan shockbreaker baru di dealer resmi di sekitar tempat tinggal anda atau anda dapat membelinya secara privat dengan orang lain. Yang terpenting ialah anda harus membeli shockbreaker yang benar-benar terjamin kualitasnya dan jika pelru carilah shockbreaker yang original sehingga shockbreaker baru anda memiliki daya tahan yang lebih lama dan lebih kuat. Intinya, jadilah pengendara yang peduli dan memahami kinerja komponen-komponen penting pada kendaraan anda agar resiko kecelakaan lalu lintas dapat kita kurangi. Dan yang terpenting lagi jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas ! Baik sekian dulu deh postingan mas david mengenai "ciri dari shockbreaker yang mengalami kerusakan", semoga dapat bermanfaat bagi sobat, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »