Mengenal Fungsi Dari Hill Start Assist Control ( HAC )


Salah satu fitur keselamatan yang memiliki peranan penting selanjutnya ialah Hill Start Assist Control atau disingkat HAC. Fitur ini memiliki manfaat yang sangat penting dan juga berguna untuk menjamin keselamatan pengemudi. Fitur HAC sekarang telah banyak dibenamkan ke dalam mobil-mobil kelas menengah ke bawah seperti Honda BR-V dan Low SUV lainya. Dulunya fitur ini hanya ada pada mobil SUV kelas medium seperti Pajero Sport dan CR-V, tetapi sekarang telah banyak digunakan oleh mobil-mobil kelas menengah kebawah.

Sederhananya, fitur HAC ini berguna untuk menahan mobil ketika di tanjakan agar mobil tersebut tidak mundur. Jadi ketika kita mengendarai mobil di medan berupa tanjakan, maka kita tidak perlu repot menginjak pedal rem karena fitur HAC ini akan secara otomatis bekerja untuk menahan mobil kita selama 5 detik, Setelah 5 detik kita perlu menginjak pedal rem lagi maka secara otomatis HAC ini akan bekerja menahan mobil kita lagi selama 5 detik. Bila kita menginjak pedal gas maka secara otomatis sistem HAC akan berhenti bekerja dan kita dapat berkendara dengan normal. Banyak orang yang berpendapat bahwa fitur ini benar-benar sangat bermanfaat apalagi ketika kita melewati jalan yang penuh dengan tanjakan dan kemacetan. Bagi pengemudi pemula atau wanita pasti akan sangat kesulitan ketika mengendarai mobil manual yang terjebak di medan tanjakan apalagi saat terjadi kemacetan, mereka biasanya akan kesulitan saat melepas pedal rem untuk berganti ke pedal gas dan sementara kopling harus tetap di tekan, pada detik ini bila mereka tidak ligat melakukan hal tersebut maka mobil pasti akan mundur , hal ini tentu cukup sulit untuk dilakukan oleh pengemudi pemula/wanita, sehingga dengan adanya fitur HAC ini maka kejadian yang seperti itu bisa diatasi.

Biasanya fitur Hill Start Assist ini banyak digunakan oleh mobil-mobil kelas Medium SUV sampai High SUV seperti Pajero Sport, Mu-X , Land Cruiser, dan Ford Everest. Karena biasanya mobil SUV sering digunakan untuk melewati berbagai medan berupa tanjakan ataupun medan berat lainya sehingga Fitur HAC dapat digunakan dengan baik.

Image From : AutoPortal.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »