Apa itu Paddle Shift ? Mari Kita Kenali Fungsinya !


Dewasa ini, penggunaan teknologi canggih pada berbagai jenis mobil semakin marak. Banyak dari teknologi-teknologi ini dimanfaatkan secara komersil maupun secara eksklusif. Salah satu fitur kekinian yang banyak dimanfaatkan sebagai penunjang kenyamanan saat mengemudi ialah Paddle Shift. Fitur ini sendiri sebenarnya telah lama diciptakan dan dimanfaatkan oleh produsen mobil. Salah satunya ialah mobil F1 yang telah lama menerapkan fitur ini di kemudi setirnya. Paddle Shift ini memiliki bentuk seperti tongkat ( tuas ) yang diletakkan di belakang setir kemudi, biasanya terdiri dari 2 buah tongkat tuas yang berukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Di masing-masing tuas memiliki simbol + dan - , kedua simbol ini memiliki arti yang mana simbol + artinya tuas ini berguna untuk memindahkan transmisi ke gear yang lebih tinggi misalnya perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2. Sedangkan simbol - artinya tuas ini berfungsi untuk memindahakan transmisi ke gear yang lebih rendah misalnya perpindahan dari gigi 2 ke gigi 1.

Dari penjelasan diatas tentunya kita dapat mengetahui fungsi dari paddle shift ini, Jadi fitur ini berguna untuk memberikan sensasi pengendaraan seperti mobil manual pada mobil bertransmisi otomatis. Dengan fitur ini, tentunya kita dapat mengendarai mobil kita dengan cara manual layaknya mobil bertaransmisi manual. Paddle Shift itu sendiri terdiri dari 2 jenis, yang pertama paddle shift statis dan yang kedua paddle shift fleksibel. Paddle Shift statis tidak akan ikut bergerak jika setir kemudi di gerakan, sedangkan paddle shift fleksibel akan ikut bergerak jika setir kemudi digerakan. Paddle shift statis biasanya dibuat untuk lebih mudah mengingatkan pengemudi sehingga pengemudi akan selalu ingat dimana posisi paddle shiftnya. Mitsubishi merupakan salah satu pabrikan mobil yang menerapkan model paddle shift jenis ini.  Sedangkan pabrikan Honda menerapkan paddle shift model fleksibel pada kemudi setir mobilnya.

Paddle Shift ini dapat membuat transmisi mobil bekerja secara manual bila tuas transmisi berada di posisi S. Ketika tuas transmisi berada di posisi S, pergantian gigi harus dilakukan dengan cara menekan tuas di salah satu paddle shiftnya, untuk menaikan gigi kita tekan paddle shift bertanda + dan untuk menurunkan gigi kita tekan paddle shift bertanda -.  Dengan paddle shift ini tentunya kita akan mendapatkan tenaga dan torsi yang lebih kuat serta akan lebih memudahkan kita saat menyalip atau medahalui mobil di depan kita.

Jadi intinya, paddle shift merupakan salah satu fitur atau komponen pada mobil yang dapat kita gunakan untuk menaikan atau menurunkan gigi secara manual layaknya mobil bertansmisi manual, sehingga kita akan mendapatkan tenaga serta torsi yang lebih kuat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »