Review Suzuki Ignis 2018, Spesifikasi, Fitur dan Kenyamanan

Pada hari senin tanggal 4 april tahun 2017, PT Suzuki Indomobil Sales secara resmi meluncurkan salah satu SUV bernama Suzuki Ignis. Hadirnya SUV asal jepang tersebut direspon positif oleh masyarakat Indonesia. Suzuki Ignis merupakan mobil yang diimpor langsung dari india dalam bentuk utuh atau CBU. Suzuki ignis sendiri merupakan mobil Urban SUV yang memiliki berbagai kelebihan baik dari segi fitur keamanan, kenyamanan dan juga efisiensi bahan bakarnya. Lalu pertanyaanya, apa saja yang membuat mobil ini begitu diminati oleh masyarakat Indonesia sejak awal peluncuranya ? Sekarang mari kita simak ulasan mas david mengenai mobil ini !

Eksterior


Melihat eksterior dari mobil ini, tentu mengingatkan kita pada mobil Mini Cooper yang cukup mahal dan populer itu. Tetapi tentu saja dengan desain yang seperti itu membuat Suzuki Ignis tampak lebih stylish dan mewah. Gaya SUV kompak juga tampak kuat dari aura eksterior yang dimiliki oleh mobil tersebut, Dilihat dari desain tampangnya, mas david merasa mobil ini memiliki keunikan dan ciri khas yang membuatnya lebih anti mainstream dan berani tampil beda. Dilihat dari desain headlampnya yang dibuat seperti berbentuk persegi membulat yang kelihatanya terlihat klasik dan sederhana. Lampu DRL nya pun kini sudah terinterasi dengan lampu utamanya dengan desain yang juga dibuat lebih sederhana namun tetap manis untuk dipandang. Dibumper bawahnya kita juga akan menemukan foglamp yang didesain dengan baik oleh Suzuki sehingga membuat citra ala mobil klasik semakin terpancar dari eksterior depanya.

Disampingnya, kita bisa lihat bahwa mobil ini masih mempertahankan tema desain depanya yaitu “ Compact SUV With Classical Style”, desain sampingnya cukup keren dengan bentuk yang tidak terlalu boxy dan lebih menunjukkan bentuk yang tajam dan agresif. Kesan Sporty pun semakin terpancar dari mobil ini ketika kita melihat Velg hitamnya yang memiliki diameter 15 inch dengan desain yang cukup kece. Secara Overall desain sampingnya terlihat lebih sporty dan agresif.


Dibelakang kita akan menemukan lampu belakang yang memiliki desain mirip-mirip seperti Isuzu Mu-X dengan desain berbentuk persegi yang sedikit meruncing di ujungnya. Desain kaca belakangnya pun cukup unik dengan bentuk memanjang keatas dan desain kaca belakang seperti ini sangat jarang kita temui di mobil lain. Seperti yang mas david katakan sebelumnya bahwa mobil ini diluncurkan dengan desain yang lebih anti mainstream dan sangat berbeda dari mobil-mobil yang kita temui di jalanan sehingga membuat mobil ini benar-benar unik dan sangat klasik.

Interior


Masuk ke dalam interiornya, Kita akan menemukan sesuatu yang berbeda dari desain eksteriornya. Desain interiornya terlihat lebih mewah dan modern. Di dashboardnya kita akan menemukan fitur-fitur yang dapat menunjang kenyamanan kita selama berkendara. Pertama, kita mendapatkan HeadUnit dengan fitur-fitur yang canggih seperti Bluetooth, Pemutar CD, USB dan WMA. Pengaturan AC nya pun juga cukup mudah dan intuitif. Kemudian di bagian setir kemudinya kita juga mendapatkan layar MID yang berfungsi untuk menampilkan kondisi dan keadaan mobil kita. Informasi yang ditampilkan di layar MID pun cukup lengkap dan informatif. Di kemudi setirnya pun kita menemukan tombol-tombol yang dapat kita gunakan untuk melihat dan menampilkan informasi dari MID nya. Selain fitur kemanan yang cukup mumpuni, Suzuki Ignis juga memiliki kelegaaan dan kenyamanan kabin yang cukup baik. Di kabinya terasa cukup lega dan jok nya terasa sangat empuk dan sangat enak untuk diduduki.

Untuk urusan kaki-kaki, Suzuki Ignis memiliki sector kaki-kaki yang cukup kuat dan tangguh. Suzuki juga membekali suspensi depanya dengan tipe McPherson Strut With Coil Spring dan Torsion Beam pada bagian belakangnya. Suspensi yang dimiliki oleh mobil ini dinilai cukup efektif dan cukup nyaman untuk meredam berbagai goncangan saat melintas medan berat bahkan medan offroad sekalipun.

Mesin dan Fitur Keamanan

Untuk urusan dapur pacu, Suzuki Ignis tak bisa dianggap remeh ketangguhanya. Meskipun mobil ini terlihat minimalis dan klasik, tetapi kalau urusan mesin benar-benar jauh dari kata minimalis. SUV kebanggaan Suzuki ini memiliki mesin berkode K12M dengan kapasitas tenaga sebesar 1200 cc dengan 16 katup dan konfigurasi 4 silinder. Mesin Suzuki Ignis ini mampu memuntahkan tenaga hingga sebesar 83 PS pada putaran 6000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm di putaran 4200 rpm. Semburan tenaga yang cukup besar ini ditemani dengan transmisi otomatis 5 percepatan dan juga tersedia dalam Varian manual tergantung dari spek mobil yang kita beli. Untuk urusan efisiensi, Suzuki Ignis layak diacungi jempol karena mobil ini memiliki kehematan bahan bakar yang sangat superior, tingkat ke efisiensian bahan bakarnya mencapai 23 kpl, itu artinya mobil ini benar-benar irit dan ramah lingkungan.

Untuk fitur keamananya sendiri juga cukup impresif, Suzuki Ignis memiliki fitur keamanan yang cukup kekinian seperti Dual Airbag, ABS,EBD, Isofix Jok, dan Disc Brake ( depan ). Fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil ini dinilai sudah lebih dari cukup untuk memberikan rasa aman bagi pengemudi dan penumpang.

Harga



Sekarang sampailah kita pada pembahasan mengenai harga dari mobil ini. Melihat bagusnya eksterior dan interior yang dimiliki oleh mobil ini tentu membuat kita sangat tertarik untuk memboyongnya ke garasi rumah kita. Belum lagi fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang sangat mumpuni dari mobil ini membuat kita semakin tertarik untuk memilikinya. Lalu berapakah harga dari mobil SUV besutan Suzuki ini ? Menurut sumber resmi yang mas david dapatkan, harga mobil ini masih berkisar di bawah 200 jutaan, berikut ini detail lengkap mengenai harganya :

Suzuki Ignis GL MT = Rp 139.500.000,00

Suzuki Ignis GLX MT = Rp 159.500.000,00

Suzuki Ignis GLX AGS = Rp 169.500.000,00

Harga diatas merupakan harga OTR Jakarta dan harga tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi agar lebih tepat, sobat bisa mengunjungi dealer Suzuki terdekat untukmendapatkan informasi harga yang lebih pas. Baiklah sampai disini dulu pembahasan mas david mengenai mobil Suzuki Ignis, sampai jumpa lagi di review mobil mas david berikutnya !

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »