Review Honda Mobilio 2018, Spesifikasi, Fitur dan Kenyamanan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil MPV merupakan mobil yang sangat digemari dan difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena kelegaan kabin dan banyaknya kapasitas penumpang, Mobil MPV juga memiliki kenyamanan dan keamanan layaknya mobil sedan dan belum lagi mobil jenis ini dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Di segmen low MPV kita mungkin telah mengenal mobil sejuta umat yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, kemudian muncul lagi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang masuk ke dalam golongan mobil LCGC. Melihat tingginya penjualan mobil LMPV di Indonesia membuat PT Honda Prospect Motor tertarik untuk ikut bermain dalam segmen pasar tersebut. Akhirnya di tahun 2014 lalu HPM secara resmi meluncurkan MPV kebangaanya yaitu Honda Mobilio. Peluncuran MPV besutan Honda ini langsung direspon positif oleh masyarakat Indonesia, hal ini ditandai dengan tingginya angka penjualan Honda Mobilio sejak awal peluncuranya. Nah pada bulan januari 2017 lalu Honda Mobilio mengalami facelift dengan mengubah desain eksterior nya agar terlihat lebih fresh dan elegan. lalu pertanyaanya, apa sajakah perubahan yang terjadi pada Honda Mobilio ini ? Apakah mobil ini dapat bersaing dengan mobil lain di kelasnya ? Untuk menjawab pertanyaan itu maka silahkan simak ulasan mas david mengenai mobil ini ! Lets Go !

Eksterior


Melihat desain eksteriornya, mas david merasa mobil ini memiliki something different dibandingkan dengan mobil MPV di kelasnya, Lihat saja grill nya yang sangat mirip dengan BR-V itu. Sepertinya Honda memiliki desain khasnya sendiri yang terlihat sangat elegan dan mewah. Grill berlapis kromnya sangat manis dan sangat senada dengan desain Headlamp nya yang juga tampak menyatu dengan grillnya. Di bumper bawahnya kita juga akan menemukan foglamp yang juga di desain sedemikian rupa sehingga menghasilkan tampilan yang lebih mewah dan berkelas. Dan oh ya untuk Honda Mobilio versi facelift ini Headlampnya sudah berteknologi LED Light Guide sehingga pencahayaan yang dihasilkan lebih maksimal. Secara keseluruhan tampang depanya tampak mewah dan berkelas dan mas david merasa tampang depanya yang paling manis dan fresh dibandingkan dengan mobil MPV lain di kelasnya.


Sekarang kita lihat desain sampingnya. Di samping lagi-lagi mengingatkan mas david dengan Honda BR-V. Ya, desain sampingnya memang mirip dengan BR-V, lekukan yang dibentuk pada kaca sampingnya dan juga tarikan garis yang dipahat pada samping body membuat kesan crossover MPV kian terasa menggelora aura eksteriornya. Yah, dengan desain yang seperti ini tentu saja membuat MPV kebangaan Honda ini terlihat lebih tangguh dan kuat. Di belakang kita juga akan menemukan model lampu belakang yang cukup keren dan terlihat futuristic. Belum lagi tambahan Rear License Garnish pada dudukan plat nomor yang terletak diantara kedua stop lampnya membuat tampilan belakangnya makin terlihat elegan dan mewah.

Interior



Masuk ke dalam interiornya, nuansa mewah dan elegan langsung terpancar di dalam kabin mobil ini. Desain dashboardnya sangat cantik dan mewah dengan paduan warna hitam dan orange. Belum lagi kualitas bahan dan build qualitinya terlihat baik dan tidak terkesan murahan. Di kabin Honda Mobilio ini juga terdapat fitur-fitur berteknologi canggih yang dapat dimanfaatkan oleh pengemudi diantaranya HeadUnit berukuran 6,8 inch touchscreen dengan 6 premium speaker, New Auto AIC, New Mater Cluster Design dan beberapa fitur pendukung lainya. Di dashboardnya juga tersedia USB dan Quick Charging yang akan memberikan kemudahan kita untuk mengecas smartphone dengan cepat. Kemudi setirnya juga sangat enak untuk digenggam serta tampilan speedometernya juga cukup oke.

Untuk kelegaan kabinya, Honda Mobilio juga bisa diacungi jempol, kabinya cukup lega serta joknya kini juga sudah berteknologi one touch tumble sehingga lebih memudahkan kita saat melipat joknya. Oh ya duduk di joknya pun kini sudah terasa lebih nyaman karena Honda telah menambah ketebalan joknya sehingga kita akan merasa betah duduk berlama-lama di kabinya.

Mesin dan Fitur Keamanan

Untuk urusan mesin, Honda Mobilio merupakan yang terbaik di kelasnya. Mesin berteknologi i-VTEC ini memiliki kapasitas 1,5 L SOHC 4 silinder tunggal dengan keluaran tenaga sebesar 88 Kw pada 6600 rpm serta torsi mencapai 145 Nm pada 4600 rpm. Belum lagi efisiensi bahan bakarnya yang cukup impresif ( 26 kpl ) dan sudah memenuhi standar euro 4. Tenaga yang cukup besar ini juga ditemani dengan transmisi 5 percepatan otomatis CVT ataupun 5 percepatan manual.

Selain mesin yang tangguh dan bertenaga, Honda Mobilio ini juga memiliki fitur kemanan dan kenyamanan kelas wahid seperti Dual Airbag, Side Impect Beam, Pedestarian Protection, Isofix, Parking Sensor Camera, Keyless entry, Immobilizer, AC Double Blower dan Second Row Sliding Seat.

Harga

Sekarang sampailah kita pada pembahasan mengenai harga dari Honda Mobilio ini. Melihat berbagai perubahan yang terjadi pada eksterior, interior dan fitur yang diberikan tentu membuat kita bertanya-tanya akan harga dari Mobil MPV besutan Honda ini. Lalu Berapakah jumlah uang yang harus kita keluarkan jika ingin membawa mobil ini ke garasi rumah kita ? Menurut sumber resmi yang mas david dapatkan, harga dari Honda Mobilio berada di rentang 180 – 250 jutaan. Berikut ini daftar lengkap harganya :

Honda Mobilio tipe S M/T = Rp 189.000.000,00

Honda Mobilio tipe E M/T = Rp 210.000.000,00

Honda Mobilio tipe E CVT = 221.000.000,00

Honda Mobilio tipe RS M/T = Rp 233.000.000,00

Honda Mobilio tipe RS CVT = 243.500.000,00

Harga diatas merupakan OTR Jakarta dan sewaktu waktu dapat berubah ! Baik sekian dulu review mas david mengenai mobil ini, sampai jumpa di review mobil mas david berikutnya !

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »